Stan Tanjabtim Banyak Dikunjungi Masyarakat Hingga Batik Tanjabtim Memikat Hati Istri Plt Gubernur Jambi

INDONESIASATU.CO.ID:

JAMBI – Festival Batanghari yang merupakan even nasional Pemprov Jambi, dalam mempromosikan hasil kreasi kerajinan masyarakat Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi berjalan meriah. Bahkan stan-stan promosi milik Kabupaten/Kota, belomba-lomba memberikan yang terbaik. Seperti yang dilakukan Disbudparpora Tanjabtim, dengan etnik budaya melayu, mampu membuat takjub istri Plt Gubernur Jambi, Hj Rahimah Fachrori, dalam kunjungannya ke stan milik Pemkab Tanjabtim dia mengapresiasi desain stan, tidak itu saja dia bahkan memesan satu batik pelangi yang merupakan kerjainan tangan milik masyarakat Tanjabtim.

“Saya pesan satu batik yang motif pelangi, warnanya bagus,” kata Rahimah Sabtu (22/9) lalu.

Sementara, Kadis Budparpora Tanjabtim, Sutiana melalui Kabid Pariwisata, Ulfi Rahmat mengatakan, piahknya memang sengaja mengikuti Festival Batanghari, karena ini termasuk kedalam 100 even nasional yang dilakukan secara rutin setiap tahun. Pasalnya dalam kegiatan ini mampu mempromosikan potensi pariwisata dan hasil kerajinan tangan dari masyarakat Tanjabtim.

“Lihat saja masyarakat yang datang banyak ke stan kami, karena itu kami buat motif stan yang unik,” ujar Ulfi.

Konsep dalam stan, pihaknya mempromosikan beberapa potensi pariwisata di Tanjabtim, yang salah satunya termasuk even nasional, diantaranya, mandi safar di Desa Air hitam Laut Kecamatan Sadu, Taman Nasional Berbak, Taman Selaras Pinang Masak, Pulau Burung dan masih banyak lainnya.

“Apalagi tanggal 6-7 November mendatang, kita akan melaksanakan kegiatan mandi safar, jadi kegiatan Festival Batanghari merupakan promosi kami kepada masyarakat diseluruh Provinsi Jambi,” jelasnya.

Selain mempromosikan sektor pariwisata, pihaknya juga mempromosikan berbagai kerajinan tangan dan makanan khas Tanjabtim, seperti Batik Tanabtim, Tengkuluk Tanjabtim, dan Makanan Khas Tanjabtim yakni kletek udang dan kripik pisang.

“Stan ini kami sajikan dalam unsur budaya melayu, seperti diketahui sebagai warga Tanjabtim harus bangga dengan kebudayaan melayu,” terangnya.

“Dengan adanya Festival Batanghari, kita pun ikut mempromosikan sektor pariwisata disamping kerajinanan khas Tanjabtim. Ini kan bisa membantu kita untuk mempromosikan kita secara nasional,” tandasnya. (***)

  • Whatsapp

Index Berita